Soal PPG 2025 FPPN 1

Soal PPG 2025 FPPN 1 (Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai), merupakan soal tryout UKPPG. yang disusun menjadi pilihan ganda interaktif. anda dapat berlatih disini dengan cara klik pada pilihan yang tersedia
cara penggunaan : klik pada pilihan untuk menjawab
1. Rivael adalah siswa pindahan dari luar negeri yang baru saja bergabung di kelas Anda. la dikenal cerdas dan memiliki potensi akademik yang baik, namun sedang mengalami kesulitan beradaptasi. la merasa kewalahan dengan banyaknya materi pelajaran yang berbeda dari negara asalnya. Hal ini menyebabkan la enggan mengerjakan tugas di beberapa mata pelajaran. Anda telah mencoba mendorongnya untuk menyesuaikan diri dengan sistem belajar di sekolah ini, namun la menunjukkan resistensi dan tampak tidak termotivasi. Sebagai guru, bagaimana cara menyikapi kondisi ini?
a Mengajak Rivael berdiskusi secara pribadi untuk memahami kesulitan yang la hadapi dan mencari solusi bersama.
b Memberikan arahan kepada Rivael untuk secara bertahap beradaptasi dengan sistem belajar dan kurikulum sekolah ini.
c Melibatkan orang tua Rivael untuk mengarahkan Rivael beradaptasi dan berkenan mengikuti kurikulum di sekolah ini.
d Menginstruksikan teman-teman sekelasnya untuk memberi bantuan akademik dan emosional kepadanya.
e Mengurangi beban tugas Rivael sementara waktu untuk membantunya menyesuaikan diri di sekolah ini.
a Mengajak Rivael berdiskusi secara pribadi untuk memahami kesulitan yang la hadapi dan mencari solusi bersama.
b Memberikan arahan kepada Rivael untuk secara bertahap beradaptasi dengan sistem belajar dan kurikulum sekolah ini.
c Melibatkan orang tua Rivael untuk mengarahkan Rivael beradaptasi dan berkenan mengikuti kurikulum di sekolah ini.
d Menginstruksikan teman-teman sekelasnya untuk memberi bantuan akademik dan emosional kepadanya.
e Mengurangi beban tugas Rivael sementara waktu untuk membantunya menyesuaikan diri di sekolah ini.
2. Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemahiran menulis setiap peserta didik beragam, dari yang mahir menulis karangan ilmiah hingga yang baru dapat menuliskan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?
a Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam
b Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan
c Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi
d Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
e Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama
a Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam
b Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan
c Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi
d Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik
e Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama
3. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?
a Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik
b Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu
c Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik
d Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis
e Menggunakan alat bantu seperti pensil ergonomis atau pegangan pensil khusus
a Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik
b Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu
c Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik
d Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis
e Menggunakan alat bantu seperti pensil ergonomis atau pegangan pensil khusus
4. Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas
b Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat
c Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar
d Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli
e Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut
a Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas
b Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat
c Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar
d Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli
e Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut
5. Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?
a Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia
b Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas
c Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar
d Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi
e Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa
a Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia
b Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas
c Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar
d Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi
e Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa
Anda mungkin suka:
Soal PPG 2025 PPA Umum 2
Soal PPG 2025 PPA Umum 2, merupakan soal...
Soal PPG 2025 PPA Umum 1
Soal PPG 2025 PPA Umum, merupakan soal tryout...
Soal PPG 2025 Peran guru sebagai teladan
Soal PPG 2025 Peran guru sebagai teladan, merupakan...
Soal PPG 2025 CASEL
ini adalah soal interaktif, klik pada plilihan jawaban...
Komentar