⚠️ Halaman ini membutuhkan JavaScript untuk tampil dengan benar. Mohon aktifkan JavaScript di pengaturan browser Anda.

Apa itu MPLS Ramah?

🔹 Pengertian

MPLS Ramah adalah kegiatan awal untuk murid baru yang dirancang dengan prinsip memuliakan hak anak dan memperkuat karakter.

🎯 Maksud dan Tujuan

  • Menumbuhkan karakter dan profil lulusan
  • Membantu adaptasi murid terhadap warga sekolah, kurikulum, dan lingkungan
  • Mengenalkan karakteristik murid bagi guru

🕒 Waktu Pelaksanaan

Dilaksanakan selama 5 hari di minggu pertama tahun ajaran (lebih dari 5 hari untuk sekolah berasrama).

🗂️ Tahap Perencanaan

  • Panitia dibentuk oleh kepala sekolah
  • Program disusun sistematis tanpa pungutan biaya
  • Sosialisasi kepada orang tua/wali tentang tujuan dan larangan

🔄 Tahap Pelaksanaan

Kegiatan Wajib:

  • Pengenalan warga sekolah, fasilitas, lingkungan sekitar
  • Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat
  • Pertemuan Pagi Ceria
  • Profil Lulusan (8 dimensi)
  • Pencegahan NAPZA, judi online, pornografi, dll

Kegiatan Pilihan:

  • Kesehatan reproduksi dan mental
  • Pendidikan perubahan iklim
  • Konseling kelompok dan kelas inspirasi

🚫 Larangan

  • Tugas tidak relevan atau merendahkan martabat murid
  • Aktivitas berpotensi kekerasan atau perpeloncoan
  • Kegiatan tanpa pengawasan guru
  • Atribut tidak edukatif seperti tas karung atau aksesoris aneh

👕 Seragam

Tidak ada kewajiban seragam khusus, cukup pakaian yang sopan dan tidak memberatkan orang tua.

📚 Silabus

Silabus disusun berdasarkan jenjang:

  • PAUD: bermain sambil mengenal budaya, kurikulum, lingkungan
  • SD-SMP-SMA/K: aktivitas harian dengan durasi terstruktur (180–300 menit), fokus pengenalan sekolah, bakat minat, dan asesmen literasi numerasi

Tautan silabus:


Tabel Ringkasan kegiatan Harian

Geser ke kiri <—> Kanan

HariTujuan UtamaSorotan Kegiatan
Hari PertamaMurid baru merasa diterima dan antusias mengenal sekolahPengisian Formulir Identitas (10 m), Pengenalan Profil Lulusan (20 m), Senam & Jinggel MPLS (30 m), Tur “Menemukan Harta Karun” (60 m), Refleksi Singkat (10 m)
Hari KeduaMemupuk inklusivitas dan saling menghargaiPresensi Mandiri Kreatif (15 m), Berkenalan Lewat Pasangan (15 m), Storytelling “Tujuh Kebiasaan Anak Hebat” (45 m), Kegiatan “Garis Pemisah” (15 m), Feedback Cepat (10 m)
Hari KetigaMengasah keterampilan berbicara dan empati mendengarkanPasang Cerita Temanku (35 m), Cerita “Sekolahku Hebat” (35 m), Lingkaran Berbagi Minat (30 m), Afirmasi Penutup (15 m)
Hari KeempatMenginternalisasi PHBS (Hidup Bersih & Sehat) pada diri dan lingkunganCek Kuku & Gigi + Mewarnai “Aku Bersih” (30 m), Aksi Pungut Sampah (40 m), Nonton “Aku Anak Hebat, Berani Imunisasi” (30 m), Komitmen Kebersihan (15 m)
Hari KelimaMerayakan tujuh kebiasaan & menetapkan komitmen kolektifDemo Ekstrakurikuler & Pramuka (40 m), Cap Tangan Komitmen Bersama (30 m), Persembahan Lagu “Tujuh Kebiasaan Anak Hebat” (30 m), Apresiasi Simbolik (15 m)

🌐 Referensi Digital MPLS Ramah

Berikut adalah semua tautan penting dari dokumen “Rujukan Kegiatan MPLS Ramah Jenjang SD Sederajat”:

🎵 Musik & Lagu

📋 Formulir & Poster

❄️ Ice Breaking & Edukasi

🧭 Kesiapsiagaan & Simulasi

📝 Evaluasi Daring


Sumber

Artikel ini dikutip dari hasil telaah :

  1. Telaah surat edaran Telaah Mendikdasmen No. 10 Tahun 2025 - Tentang MPLS (Paud, SD, Dan SMP)
  2. Telaah Panduan MPLS Ramah SD Sederajat